ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN ZPD DALAM MEMECAHKAN MASALAH


Meilita Nindyasari , 4101412015 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN ZPD DALAM MEMECAHKAN MASALAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (468kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berpikir matematis. Untuk mencapai kemampuan berpikir matematis yang optimal perlu diterapkannya suatu pembelajaran yang tepat sebagai alternatif pembelajaran yaitu Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan ZPD. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui apakah hasil tes kemampuan berpikir matematis siswa SMP kelas VII pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan ZPD mencapai ketuntasan klasikal; (2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir matematis siswa dengan kemampuan berpikir matematis tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan ZPD. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VII H SMP Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu berdasarkan tingkatan kemampuan berpikir matematisnya. Pengumpulan data dengan metode tes tertulis, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dalam dua cara yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji proporsi. Untuk analisis data kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir matematis kelas VII H pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan ZPD mencapai ketuntasan klasikal; (2) kemampuan berpikir matematis siswa dengan kemampuan berpikir matematis tinggi mampu mencapai tiga tahapan kemampuan berpikir matematis yaitu Entry Phase, Attack Phase dan Review Phase; (3) kemampuan berpikir matematis siswa dengan kemampuan berpikir matematis sedang mampu mencapai dua tahapan kemampuan berpikir matematis yaitu Entry Phase dan Attack Phase; (4) kemampuan berpikir matematis siswa dengan kemampuan berpikir matematis rendah hanya mampu mencapai satu tahapan kemampuan berpikir matematis yaitu Entry Phase.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan ZPD, Memecahkan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 11:42
Last Modified: 09 Jan 2018 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28954

Actions (login required)

View Item View Item