KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VII


Apri Wahyudi , 4101412014 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (246kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru matematika di SMP Negeri 13 Semarang, Bapak Moh Yitno HNR, variasi pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan potensi pada diri siswa tidak berkembang termasuk kemampuan berpikir kreatif. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang menunjang pembelajaran efektif. Model Pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran discovery learning menggunakan metode brainstorming. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran discovery learning menggunakan metode brainstorming ditinjau dari ketuntasan belajar klasikal serta untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran discovery learning menggunakan metode brainstorming dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran discoveri learning Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 13 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran discovery learning menggunakan metode brainstorming sedangkan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran discovery learning. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent posttest only control group design. Data yang diperoleh dari hasil postes dianalisis menggunakan uji proporsi dan uji t. Hasil analisis data postes kemampuan berpikir kreatif di dua kelompok sampel menunjukkan bahwa proporsi siswa kelas eksperimen yang berhasil mencapai KKM individual lebih dari 75% dan berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata, diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang mendapatkan pembelajaran discovery learning menggunakan metode brainstorming dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal dan lebih baik dari kelas yang mendapatkan pembelajaran discovery learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 10:53
Last Modified: 09 Jan 2018 10:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28953

Actions (login required)

View Item View Item