KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN BRAINSTORMINGTERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII MATERI POKOKSEGIEMPAT

Dyah Ayu Pratiwi , 4101412011 (2016) KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN BRAINSTORMINGTERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII MATERI POKOKSEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (377Kb)

    Abstract

    Keefektifan pada pembelajaran dapat diartikan keberhasilan yang dicapai dari pembelajaran tertentu sesuai tujuan yang akan dicapai dalam hal ini hasil belajar. Untuk mencapai hasil belajar matematika yang optimal perlu diterapkannya suatu pembelajaran yang tepat sebagai alternatif pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Means-Ends Analysis dengan Brainstorming. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran Means-Ends Analysis dengan Brainstorming terhadap hasil belajar peserta didik SMP kelas VII pada materi pokok segiempat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kaliori tahun pelajaran 2015/2016. Menggunakan teknik simple random sampling terpilih peserta didik kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan metode tes tertulis, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah uji ketuntasan klasikal, uji kesamaan rata-rata dan persentase keaktifan peserta didik. Analisis tahap awal dengan uji kesamaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya kesamaan rata-rata pada nilai UAS semester gasal peserta didik, yaitu dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 74,67 dan 74,59. Uji kesamaan rata-rata menunjukkan nilai sig = 0,968 > 0,05%, sehingga dapat dikatakan bahwa kelas eksperimen dan kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis dengan Brainstorming kemudian dilakukan tes akhir, diperoleh rata-rata nilai akhir kelas eksperimen dan kontrol yaitu masing-masing 81,23 dan 72,32. Uji Independent sample t-Tes menunjukkan nilai sig = 0,000 > 0,05, sehingga tolak H0. Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran meansends analysis dengan brainstorming lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran langsung dengan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran means-ends analysis dengan brainstorming efektif terhadap hasil belajar peserta didik SMP kelas VII materi pokok segiempat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran Means-Ends Analysis, Metode Brainstorming, Hasil Belajar.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > L Education (General) > Learning Model
    L Education > Special Education > Mathematics Education
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Indah Tri Pujiati
    Date Deposited: 09 Jan 2018 05:45
    Last Modified: 09 Jan 2018 05:45

    Actions (login required)

    View Item