KOMPETENSI GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANTUL


Totok Yunianto Zein , 3401406518 (2011) KOMPETENSI GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANTUL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPETENSI GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANTUL]
Preview
PDF (KOMPETENSI GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANTUL) - Published Version
Download (539kB) | Preview

Abstract

Seorang guru yang profesional harus memiliki keempat kompetensi yang sudah ditetapkan dalam lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kepribadian profesianal. Dari keempat kopetensi yang harus dimiliki guru tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena ke empat-empatnya merupakan komponen yang terintegarsi dalam kinerja guru sebagai pengajar yang profesional. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi guru SMP Negeri di Kabupaten Bantul? 2). Bagaimana kompetensi profesional guru PKn pasca sertifikasi guru SMP Negeri di Kabupaten Bantul? 3). Bagaimana pada kompetensi kepribadian guru PKn pasca sertifikasi guru SMP Negeri di Kabupaten Bantul? 4). Bagaimanakah kompetensi sosial guru PKN pasca sertifikasi guru SMP Negeri di Kabupaten Bantul? Dalam penelitian ini difokuskan pada pada empet kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dengan responden dari guru PKn dan kepala sekolah. Metode yang digunakan deskriptif persentase, dimana hasil penelitian isi berupa data-data persentase kompetens guru PKn yang bersertifikat sesuai dengan empat kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukan, bahwa kompetens guru PKn pasca sertifikasi di SMP negeri di Kabupaten Bantul menurut 1). penilaian kepala sekolah pada empat kompetensi guru semuanya sudah sangat baik (SB) dengan penjelasan masing-masing kompetensi sebagai berikut: a). kompetensi pedagogik memiliki rata-rata skor 43,3 dengan persentase 83,27% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). b). kompetensi profesional memiliki rata-rata skor 33,0 dengan persentase 82,38% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). c). kompetensi kepribadian memiliki rata-rata skor 35,8 dengan persentase 89,38% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). d). kompetensi sosial memiliki rata-rata skor 30,4 dengan persentase 84,44% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). 2). Menurut penilaian guru PKn terhadap empat kompetensi guru semuanya sudah baik (B) dengan penjelasan masin-masing kompetensi sebagai berikut: a) kompetensi pedagogik memiliki rata-rata skor 53,8 dengan persentase 79,1% termasuk dalam kategori baik (B). b) kompetensi profesional memiliki rata-rata skor 71,3 dengan persentase 81,0% termasuk dalam kategori baik (B). c). kompetensi kepribadian memiliki rata-rata skor 44,2 dengan persentase 85,0% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). d). kompetensi sosial memiliki ratarata skor 30,2 dengan persentase 82,4% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Adapun saran yang penulis sampaikan: 1). Bagi Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah: a) Diharapkan kepada pihak Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah selalu meningkatkan kinerjanya dalam mengawasi perkembangan kemajuan sekolah menengah pertama yang terdapat di Kabupaten Bantul supaya sekolahan selalu aktif dalam memajukan mutu sekolah agar menjadi optimal. b). Diharapkan kepada Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah mengadakan seminar atau pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kinerja dan kompetensi guru PKn, agar kinerja dan tangguang jawab guru PKn lebih optimal sehingga menghasilkan out put siswa didik yang optimal pula. 2). Bagi Kepala Sekolah: a). Diharapkan Kepala Sekolah aktif dalam membina guru dengan cara mengikut sertakan guru dalam pelatihan-pelatihan guna menunjang kompetensi guru karena masih terdapat guru yang masih kurang dalam menguasai teknologi informasi dan komunikasi. b). Diharapakan Kepala Sekolah menyediakan sarana pembelajaran yang bervariasi guna mempermudah guru dalam proses belajar dan mengajar. 3).Bagi Guru Mata Pelajaran PKn: a). Diharapkan kepada guru PKn aktif dalam kegiatan MGMP guru PKn di Kabupaten Bantul karena merupakan salah satu wadah untuk guru PKn untuk bertukar pikiran, pengalaman dan sebagai tempat untuk menambah pengetahuan guna meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi professional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Guru PKn, Sertifikasi Guru.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2011 02:31
Last Modified: 25 Apr 2015 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item