PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Amalina Indratun , 4401412107 (2016) PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan metode Socratic Circles disertai media gambar pada pembelajaran materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 6 Magelang. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental dengan desain Nonrandomized Control Group, Pretest–Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah kelas VII C (kelas eksperimen) dan VII E (kelas kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik Convinience sampling. Hasil penelitian menunjukan Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal 66%, sedangkan kelas kontrol sebesar 26%. Peningkatan tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang) sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,22 (rendah). Hasil uji t menggunakan aplikasi Microsoft excel 2010 menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelompok kontrol dengan thitung (4,163) > ttabel (2,658). Berdasarkan analisis per aspek kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol hal ini terlihat dari nilai post-test. Tingkat keterlaksanaan metode Socratic Circles disertai media gambar mencapai 93,74% dengan kriteria sangat baik. Secara umum guru dan siswa juga memberikan tanggapan setuju terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan metode Socratic Circles disertai media gambar berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi ekosistem di SMP Negeri 6 Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemampuan berpikir kritis. media gambar , metode Socratic Circles.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Jan 2018 14:15
Last Modified: 05 Jan 2018 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28948

Actions (login required)

View Item View Item