ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII DITINJAU DARI TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KABUPATEN PACITAN


Anindya Gita Maharani , 4101412006 (2016) ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII DITINJAU DARI TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KABUPATEN PACITAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (240kB) | Preview

Abstract

Matematika, Tujuan Pembelajaran Matematika. Kelayakan buku pelajaran merupakan salah satu hal yang turut serta mempengaruhi keberhasilan pembelajaran dan pendidikan di sekolah. Sesuai dengan pentingnya peran buku pelajaran dalam proses pembelajaran, maka kualitas buku pelajaran perlu ditingkatkan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal bagi peserta didik. Penyajian dan materi dalam buku pelajaran Matematika tersebut harus dibuat sesuai dengan tujuan pembelajaran Matematika dan harus memuat rumusan-rumusan standart buku ajar yang ditetapkan Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian aspek materi dan penyajian buku pelajaran Matematika kurikulum 2013 kelas VII SMP di Kabupaten Pacitan ditinjau dari tujuan pembelajaran Matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika 1B Untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2 karangan M. Cholik Adinawan dan Sugijono yang diterbitkan Erlangga tahun 2013. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan observasi kemudian dilakukan pengolahan analisis data menggunakan analisis deskripstif ase berdasarkan teknik content analysis atau kajian isi untuk mengisi hasil penelitian. Penelitian ini mengkaji dan membandingkan kesesuaian aspek materi dan penyajian buku teks pelajaran Matematika SMP Kelas VII terbitan Erlangga dan Buku Siswa terbitan Depdiknas ditinjau dari tujuan pembeljaran Matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan observasi kemudian dilakukan pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase berdasarkan teknik content analysis atau kajian isi untuk mengetahui hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek materi dan penyajian buku teks pelajaran matematika SMP Kelas VII terbitan Erlangga yang sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku Matematika 1B untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2 karangan M. Cholik Adinawan dan Sugijono yang diterbitkan Erlangga tahun 2013 yang digunakan di Kabupaten Pacitan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran Matematika dan memiliki keunggulan dalam aspek materi tetapi membutuhkan perbaikan dalam aspek penyajiannya yaitu pada sub aspek materi prasyarat, perkembangan teknologi, proses pembentukan pengetahuan, melibatkan siswa secara aktif, refleksi, dan sub aspek kumpulan rumus. Buku Matematika 1B Untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2 karangan M. Cholik Adinawan dan Sugijono yang diterbitkan Erlangga tahun 2013 dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Matematika di SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Materi dan Penyajian, Buku Teks Pelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:36
Last Modified: 05 Jan 2018 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28943

Actions (login required)

View Item View Item