PENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN LDS BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH


Wafak Bunayya , 4401412100 (2016) PENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN LDS BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN LDS BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH]
Preview
PDF (PENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN LDS BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH) - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia rendah. Skor literasi sains siswa Indonesia pada TIMSS tahun 2011 dan PISA tahun 2012 di bawah rata – rata (500) (OECD, 2014). Hasil observasi di SMA Negeri 1 Kudus menunjukkan selama pembelajaran guru belum memberikan LDS yang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil UAS tahun 2014/2015 dan UTS biologi tahun 2015/2016 menunjukkan 30 % dan 61.81 % siswa belum memenuhi KKM (70). Materi sistem pertahanan tubuh mempunyai daya serap terendah di SMA Negeri 1 Kudus pada UN tahun 2014/2015. Oleh karena itu pemahaman siswa pada materi ini perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Quantum Teaching dengan LDS berbasis HOTS terhadap hasil belajar materi sistem pertahanan tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kudus yang berjumlah 9 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 7 (kelas kontrol) dan kelas XI MIA 6 (kelas eksperimen). Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah penerapan Quantum Teaching dengan LDS berbasis HOTS sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa ranah kognitif dan afektif. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif dan afektif siswa, tanggapan siswa serta tanggapan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan observasi. Hasil belajar kognitif dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan uji N-gain dan uji t. Hasil belajar afektif dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif persentatif sedangkan tanggapan guru dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor N-gain kelas kontrol lebih rendah (0.5) dibandingkan kelas eksperimen (0.62), tetapi keduanya berada pada kriteria yang sama (sedang). Ketuntasan klasikal kelas kontrol sebesar 36.11 % sedangkan kelas eksperimen sebesar 88.89 %. Hasil uji t diperoleh thitung (6.61) > ttabel (2.03), artinya ada perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar kelas kontrol dengan eksperimen. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif kelas kontrol dan eksperimen tidak jauh berbeda yaitu 97.23 % dan 98.15 %. Persentase sikap proaktif kelas kontrol lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen sedangkan sikap yang lain tidak terpaut jauh. Siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap penerapan Quantum Teaching dengan LDS berbasis HOTS terhadap materi sistem pertahanan tubuh. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Quantum Teaching dengan LDS berbasis HOTS meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif (proaktif) siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: hasil belajar, LDS berbasis HOTS, Quantum Teaching, sistem pertahanan tubuh
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:36
Last Modified: 05 Jan 2018 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28942

Actions (login required)

View Item View Item