PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERNUANSA ISLAMI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MADRASAH ALIYAH


Nur Rohmiatun, 4401412099 (2016) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERNUANSA ISLAMI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MADRASAH ALIYAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERNUANSA ISLAMI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MADRASAH ALIYAH]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERNUANSA ISLAMI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MADRASAH ALIYAH) - Published Version
Download (745kB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah menekankan pembelajaran yang merujuk pada hukum Islam. Kenyataan di lapangan bahan ajar yang digunakan selama ini belum bernuansa islami. Berbagai materi biologi dapat dikaitkan dan dijelaskan dengan ilmu Islam, misalnya sistem reproduksi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahan ajar biologi yang selama ini digunakan, mengetahui perlunya mengembangkan bahan ajar bernuansa islami dan mengidentifikasi karakteristik pengembangan buku saku bernuansa islami. Selain itu, pe nelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas buku saku bernuansa islami. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Research and Development (R&D) sesuai Sugiyono (2012). Penilaian validator terhadap produk terdiri dari ahli media, ahli materi biologi dan ahli materi agama. Uji coba produk buku saku dilakukan di kelas XI IPA MA Sholahuddin sebanyak 39 siswa dan kelas XI IPA 1 MA Al-Irsyad Demak sebanyak 25 siswa. Data yang diambil dalam penelitian adalah kelayakan buku saku oleh validator, penanaman pendidikan karakter, hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia, serta tanggapan siswa dan guru terhadap buku saku bernuansa islami. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli media, ahli materi biologi dan ahli materi agama terhadap produk berturut-turut sebesar 97,08% ; 91,78% ; 97,2% dengan kriteria “sangat layak”. Penanaman pendidikan karakter kelas XI IPA MA Sholahuddin sebesar 90,6% dan XI IPA 1 MA Al-Irsyad sebesar 91,04%. N-gain kelas XI IPA 1 MA Al-Irsyad dan MA Sholahuddin sebesar 0,7. Ketuntasan belajar klasikal kelas XI IPA MA Sholahuddin sebesar 89,7% dan kelas XI IPA 1 MA Al-Irsyad sebesar 92% (KKM: ≥80). Persentase tanggapan siswa dan guru pada uji coba produk buku saku mencapai >50%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa buku saku bernuansa islami materi sistem reproduksi manusia sangat layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku biologi bernuansa islami, materi sistem reproduksi manusia
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:31
Last Modified: 05 Jan 2018 13:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28941

Actions (login required)

View Item View Item