KEEFEKTIFAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII


Rinta Oktaviani , 4101411198 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411198.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (459kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis peserta didik SMP N 2 Gemolong masih rendah sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis peserta didik dan untuk mengetahui apakah disposisi matematis berpengaruh positif terhadap komunikasi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terambil dua kelas sampel, yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran langsung. Hasil dari penelitian ini adalah: nilai tes kemampuan komunikasi matematis dengan Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD mencapai ketuntasan belajar dan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis dengan Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD mencapai KKM; proporsi peserta didik yang mencapai KKM dan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD lebih tinggi daripada proporsi peserta didik yang mencapai KKM dan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran langsung; rata-rata skor disposisi matematis peserta didik pada pembelajaran dengan Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD lebih tinggi daripada rata-rata skor disposisi matematis peserta didik pada pembelajaran langsung; dan disposisi matematis peserta didik berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) pembelajaran dengan Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik; (2) pembelajaran dengan Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD lebih efektif daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis; (3) disposisi matematis peserta didik dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities berbantuan LKPD lebih baik daripada disposisi matematis peserta didik dengan model pembelajaran langsung; dan (4) disposisi matematis peserta didik berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disposisi matematis, keefektifan, komunikasi matematis, ModelEliciting Activities.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:14
Last Modified: 05 Jan 2018 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28938

Actions (login required)

View Item View Item