PENGARUH MEDIA MOTOR MINI TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA SMP


Rivetta Astri Novitasari , 4401412095 (2016) PENGARUH MEDIA MOTOR MINI TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA MOTOR MINI TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA MOTOR MINI TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA SMP) - Published Version
Download (340kB) | Preview

Abstract

Sistem organisasi kehidupan merupakan materi IPA tingkat SMP yang bersifat kompleks dan memiliki keterbatasan dalam pengamatan obyek. Hasil wawancara dan analisis angket tanggapan menunjukkan minat dan pemahaman konsep siswa rendah. Media model, torso, dan multimedia interaktif (motor mini) secara teoritis merupakan media yang dapat memvisualisasikan obyek tak tampak mata menjadi obyek konkret, serta mengatasi keterbatasn ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media motor mini terhadap minat dan pemahaman konsep siswa pada materi sistem organisasi kehidupan. Penelitian yang dilaksanakan merupakan peneltian quasi-experiment tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Magelang tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian yang digunakan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol, yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian berupa minat siswa, pemahaman konsep, kinerja guru, tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Data minat siswa diperoleh dari lembar skala minat, data pemahaman konsep diperoleh melalui tes. Data kinerja guru diperoleh dari observasi menggunakan lembar observasi, data tanggapan siswa diperoleh dari angket, serta data tanggapan guru diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kriteria sangat tinggi. Analisis uji t diperoleh thitung (0,478) < ttabel (1,672) menunjukkan tidak terdapat perbedaan minat yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis perbandingan rerata skor posttest, terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor posttest kelas eksperimen (75,07) lebih tinggi daripada kelas kontrol (67,45). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media motor mini tidak berpengaruh terhadap minat siswa, namun berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem organisasi kehidupan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: minat, motor mini, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:08
Last Modified: 05 Jan 2018 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28936

Actions (login required)

View Item View Item