KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CONNECTEDMATHEMATICS PROJECT DENGAN ASESMEN PROYEK PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI


SHERLINA OKTAVIANINGSIH , 4101411193 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CONNECTEDMATHEMATICS PROJECT DENGAN ASESMEN PROYEK PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411193.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (487kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematik siswa masih tergolong rendah sehingga diperlukan pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran Connected Mathematics Project(CMP)dengan asesmen proyek dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah (1) kemampuan koneksi matematik siswa pada pembelajaran CMP dengan asesmen proyek dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi geometri kelas VIII; (2) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematik siswa antara pembelajaran CMP dengan asesmen proyek, pembelajaran CMP dan pembelajaran ekspositori; dan (3) terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang menerima pembelajaran CMP dengan asesmen proyek. Penelitian eksperimen ini menggunakan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tawangsari tahun ajaran 2014/2015 dan sampel dipilihdengancluster random sampling. Ada tiga kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen 1 dikenai pembelajaran CMP dengan asesmen proyek, kelompok eksperimen 2 dikenai pembelajaran CMP dan kelompok kontrol dikenai pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes tertulis. Data dianalisis dengan uji proporsi, uji rata-rata satu pihak, uji anava satu arah, uji lanjut tukey, uji observasi berpasangan dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematik siswa pada pembelajaran CMP dengan asesmen proyek dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) ada perbedaan kemampuan koneksi matematik siswa antara pembelajaran CMP dengan asesmen proyek, pembelajaran CMP dan pembelajaran ekspositori yaitu pembelajaran CMP dengan asesmen proyek lebih baik dibanding pembelajaran CMP dan pembelajaran CMP lebih baik dibanding pembelajaran ekspositori; dan (3) ada peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa pada pembelajaran CMP dengan asesmen proyek yaitu kemampuan akhirnya lebih baik dibanding kemampuan awalnya, peningkatan kemampuan koneksi matematik pembelajaran CMP dengan asesmen proyek paling tinggi dan termasuk dalam kategori tinggi. Saran yang dapat disampaikan penulis, guru diharapkan menggunakan pembelajaran Connected Mathematics Project dengan asesmen proyek dalam proses belajar mengajar guna melatih kemampuan koneksi matematik siswa-siswi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Proyek, Connected Mathematics Project, Kemampuan Koneksi Matematik
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 13:11
Last Modified: 05 Jan 2018 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28933

Actions (login required)

View Item View Item