PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN


Maya Puspita Rini, 4401412091 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Laporan hasil Ujian Nasional SMP Negeri 2 Batang tahun pelajaran 2014/2015 oleh BSNP menunjukkan bahwa daya serap siswa pada materi bahan kimia dalam kehidupan masih rendah yaitu 45,88. Rata-rata nilai ulangan harian siswa untuk materi bahan kimia dalam kehidupan adalah 68,8 dengan ketuntasan belajar sebesar 30% (hasil wawancara guru IPA). Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan metode diskusi masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa serta hubungan antara aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bahan kimia dalam kehidupan di SMP Negeri 2 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang. Sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, sedangkan variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bahan kimia dalam kehidupan. Data pada penelitian ini berupa aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan siswa serta tanggapan guru. Data aktivitas siswa diperoleh dari observasi menggunakan lembar observasi, data hasil belajar diperoleh melalui tes. Data tanggapan siswa diperoleh dari angket serta data tanggapan guru diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dalam setiap pertemuannya. Persentase jumlah siswa yang aktif dan sangat aktifpun pada kelas eksperimen (83.9%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (67.2%). Rerata hasil belajar kelas eksperimen (81.5) lebih tinggi daripada kelas kontrol (72.8), dengan ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 89% dan kelas kontrol sebesar 44.4%. Siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi bahan kimia dalam kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa serta ada hubungan antara aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bahan kimia dalam kehidupan di SMP Negeri 2 Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bahan kimia dalam kehidupan, Group Investigaton, pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:52
Last Modified: 05 Jan 2018 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28932

Actions (login required)

View Item View Item