ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN DI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN
Ira Ainur Rohmah Julianti , 1401412059 (2016) ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN DI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (300kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan pada dasarnya adalah pengembangan potensi peserta didik, termasuk gaya belajar siswa. Siswa tertentu lebih mudah belajar melalui dengarbaca (auditif), siswa lain melalui melihat (visual), sementara yang lain lagi melalui bergerak (kinestetik). Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah karakteristik kecenderungan gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada KD 2.2 dan 2.3 kelas V SDN di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan?”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai karakteristik kecenderungan gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada KD 2.2 dan 2.3 kelas V SDN di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri yang berada di wilayah Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan, sebanyak 149 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Two Stage Cluster Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan karakteristik gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan dalam kategori baik dengan presentase sebesar 74% dan skor rata-rata 103 dalam kategori baik. Kecenderungan gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan dari sampel penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 47% siswa memiliki gaya belajar visual, 26% memiliki gaya belajar Auditori, 23% memiliki gaya belajar kinestetik dan 3% memiliki gaya belajar gabungan keduanya yaitu visual-auditori, auditorikinestetik, dan visual-kinestetik.Masing-masing indikator untuk gaya belajar visual memiliki skor rata-rata 37,32 dalam kategori baik, gaya belajar auditori memiliki skor rata-rata 31,24 dalam kategori baik dan gaya belajar kinestetik memiliki skor rata-rata 34,34 dalam kategori cukup baik. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan dalam kategori baik dan cenderung pada gaya belajar visual. Saran dalam penelitian ini yaitu karakteristik gaya belajar siswa perlu ditingkatkan dan dilatih lagi. Sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya dan pembelajaran dapat berjalan secara efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar; IPS; pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 17:38 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 17:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28930 |
Actions (login required)
View Item |