PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN GURU DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KELAS KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD DI KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA


SAFITRI , 1401412054 (2016) PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN GURU DALAM MENCIPTAKAN IKLIM KELAS KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD DI KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412054.pdf]
Preview
PDF
Download (308kB) | Preview

Abstract

Iklim kelas kolaboratif dapat diciptakan melalui pembelajaran IPS dimana proses pembelajaran yang lebih menekankan pada interaksi antara siswa dan guru. Untuk mendorong siswa mempelajari materi lebih mendalam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana keterampilan guru dalam menciptakan iklim kelas kolaboratif pada pembelajaran IPS pada KD 2.2 dan 2.3 kelas V SD di Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa mengenai keterampilan guru dalam menciptakan iklim kelas kolaboratif pada pembelajaran PKn kelas V SD se-Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel tunggal yaitu iklim kelas kolaboratif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage Cluster Sampling dengan jumlah sampel 162 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket sebagai alat pengumpul utama dan observasi sebagai data pendukung. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket persepsi siswa mengenai keterampilan guru dalam menciptakan iklim kelas kolaboratif yang dikerjakan oleh siswa, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejumlah 162 siswa dengan frekuensi persentase 63% memiliki persepsi mengenai keterampilan guru dalam menciptakan iklim kelas kolaboratif dengan kategori sangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 132,12 dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan guru dalam menciptakan iklim kelas kolaboratif pada pembelajaran IPS kelas V SD se- Kecamatan Jepon Kabupaten Blora memiliki persentase sebesar 63% dengan skor rata-rata 132,12 dalam kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam menciptakan iklim kelas kolaboratif pada pembelajaran IPS kelas V SD di kecamatan Jepon Kabupaten Blora dalam kategori sangat baik. Saran dalam penelitian ini yaitu keterampilan guru dalam menciptakan iklim kelas kolaboratif perlu dipertahankan, dijaga dan dilestarikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, iklim kelas kolaboratif, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:58
Last Modified: 10 Jan 2018 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28928

Actions (login required)

View Item View Item