PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD DI KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI


YUSUF YUNIAR RATUS , 1401412052 (2016) PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD DI KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan karakter di kelas III SD Negeri Tambakaji 02 Semarang. Karakter siswa yang kurang baik ketika pembelajaran, senang bermain, bercanda bersama temannya dan kurang memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk kartu kendali kedisiplinan siswa yang layak untuk digunakan sebagai media penilaian sikap yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model System Develop Life Cycle (SDLC)-waterfall. Model pengembangan melalui lima tahap yaitu analisis, desain, implementasi, uji coba, dan perawatan atau revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tambakaji 02 Semarang berjumlah 41 siswa. Instrumen yang diguanakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan produk berupa kartu kendali kedisiplinan siswa. Hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan didukung literatur bahwa siswa tergolong kurang disiplin dan memiliki karakter kurang baik. Peneliti membuat desain produk kemudian diimplementasikan menjadi produk siap pakain. Produk yang dikembangkan divalidasi ahli materi dan ahli media oleh dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes sebelum diuji cobakan. Hasil penilaian menunjukkan validasi ahli materi mendapatkan skor 4,0 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 3,7 dengan kategori sangat baik. Penilaian penggunaan guru mendapatkan skor 3,4 masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji coba penggunaan kartu kendali hari pertama mendapatkan total skor 4525, hari kedua mendapatkan total skor 5091, dan terus meningkat dengan peningkatan rata-rata 223 poin per hari hingga pada hari ke enam penggunaan mendapatkan total skor 6534. Artinya selain menilai dengan lebih baik, kartu kendali juga dapat meningkatakan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kartu kendali kedisiplinan siswa layak digunakan sebagai instrument penilaian sikap. Sekolah diharapkan dapat menggunakan kartu kendali kedisiplinan siswa sebagai instrument penilaian sikap dan diharapkan ada penelitian lebih lanjut untuk menyempurnakan produk kartu kendali kedisiplinan siswa dalam penilaian sikap ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kartu kendali; kedisiplinan; sekolah dasar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 10 Jan 2018 18:04
Last Modified: 10 Jan 2018 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28925

Actions (login required)

View Item View Item