PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KRESNA KECAMATAN SEMARANG BARAT


SUMINAH , 1401412051 (2016) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KRESNA KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn bertujuan agar dapat membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Hasil belajar PKn kurang optimal karena faktor orang tua yang kurang memperhatikan anaknya, kurang pengawasan, kurang memberikan motivasi, terlalu sibuk dengan pekerjaannya, dan kurang mendapatkan fasilitas/kebutuhan dari orang tua yang status sosial ekonominya rendah. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana status sosial ekonomi orang tua siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. 2) bagaimana hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. 3) bagaimana pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Populasi dalam penelitian ini sebesar 340 siswa. Jumlah sampel 102 yang diambil 30% dari jumlah populasi. Pembagian sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua dengan nilai rhitung = 0,415 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 17,3%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah 1) bagi guru diharapkan dalam proses belajar mengajar disesuaikan dengan status sosial ekonomi orang tua sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya, 2) bagi sekolah memberikan informasi dalam rangka perbaikan sistem pembelajaran sehingga hasil belajar PKn terus optimal, 3) penelitian selanjutnya dapat meneliti untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar PKn selain yang diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: status sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:37
Last Modified: 10 Jan 2018 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28924

Actions (login required)

View Item View Item