KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 JATIBARANG


Muhammad Khaerumuzaqi , 4101411191 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 JATIBARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411191.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) apakah kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel siswa SMP kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picturemencapai ketuntasan belajar klasikal (2) apakah rata-rata nilaikemampuan komunikasi matematis lebihdari ketuntasan minimal (3) rata-rata nilai siswa yang di beri model pembelajaran Picture and picture lebih dari rata-rata nilai siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekpositori dan (4) proporsi ketuntasan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and picture lebih baik dari proporsi ketuntasan belajar siswa yang menggunakan model Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 02 Jatibarang tahun pelajaran 2015-2016. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t danuji z. Hasil analisis menunjukan kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen yang menggunakan model Picture and Picture mencapai ketuntasan belajar klasikal. Pada kelompok yang menggunakan model Picture and Picture rata-rata nilai siswa mencapai KKM. Rata-rata nilai siswa yang menggunakan model Picture and Picture lebih dari rata-rata nilai siswa yang menggunakan model Ekspositori. Proporsi hasil ketuntasan belajar siswa yang menggunakan model picture and piture lebih baik dibandingkan proporsi hasil ketuntasan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Picture and picture pada materi-materi lain serta menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Picture and Picture.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:49
Last Modified: 05 Jan 2018 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28922

Actions (login required)

View Item View Item