PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI GUGUS SARI KELAPA DAN WIYATA MANDALA KECAMATAN CILONGOK


Annis Martiana Hidayatullaeli , 1401412048 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI GUGUS SARI KELAPA DAN WIYATA MANDALA KECAMATAN CILONGOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (399kB) | Preview

Abstract

Kinerja merupakan pencapaian seseorang sebagai bentuk perwujudan tanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan kepadanya. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh keterangan bahwa kinerja guru di Gugus Sari Kelapa dan Wiyata Mandala Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas masih rendah. Kriteria yang menunjukkan kinerja guru rendah adalah guru di Gugus Sari Kelapa dan Wiyata Mandala masih tergolong kurang dalam merencanakan pembelajaran serta pemanfaatan media dan alat peraga di sekolah. Untuk menjadi guru profesional maka dibutuhkan kinerja guru yang tinggi. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sekolah dasar Gugus Sari Kelapa dan Wiyata Mandala Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitaian ini ialah seluruh guru sekolah dasar Gugus Ssari Kelapa dan Wiyata Mandala Kecamatan Cilongok berjumlah 129 guru, dengan sampel sebanyak 98 orang. Penetapan jumlah sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan angket tertutup, selanjutnya dianalisis dengan teknik regresi ganda menggunakan program SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan kontribusi 25%. Hal ini berarti apabila kepemimpinan kepala sekolah baik maka kinerja guru SD di Gugus Sari Kelapa dan Wiyata Mandala Kecamatan Cilongok akan meningkat. Selanjutnya, ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, dengan kontribusi 55%. Hal ini berarti apabila motivasi berprestasi tinggi maka kinerja guru meningkat. Ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 57%. Jadi, semakin tinggi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi, maka semakin tinggi pula kinerja guru SD di Gugus Sari Kelapa dan Wiyata Mandala Kecamatan Cilongok. Saran yang diajukan: (1) guru lebih meningkatkan kinerjanya, (2) kepala sekolah agar lebih meningkatkan kepemimpinannya, (4) motivasi guru perlu ditumbuhkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah; kinerja guru; motivasi berprestasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:37
Last Modified: 10 Jan 2018 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28920

Actions (login required)

View Item View Item