KEEFEKTIFANMODEL PROBING PROMPTINGLEARNING BERBANTUAN QUESTION CARDTERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIKPADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN FUNGSI INVERS


Arif Mu’amar Wahid , 4101411126 (2016) KEEFEKTIFANMODEL PROBING PROMPTINGLEARNING BERBANTUAN QUESTION CARDTERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIKPADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN FUNGSI INVERS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411126.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (410kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah bagi peserta didik merupakan hal yang sangat penting karena pemecahan masalah adalah sumbu dari pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah model Probing Prompting Learning berbantuan Question Card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Probing Prompting Learning berbantuan Question Cardefektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI pada materi komposisi fungsi dan fungsi invers. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bukateja tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 3 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Data hasil penelitian dianalisis untuk membuktikan hipotesis penelitian menggunakan uji rata-rata, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, uji kesamaan dua proporsi, dan analisis gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan individual dan klasikal. Keaktifan peserta didik kelas eksperimen mencapai kriteria sangat aktif dan kinerja guru mencapai kriteria sangat baik. Kelas eksperimen memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen dan peningkatannya lebih tinggi dari peserta didik kelas kontrol. Proporsi peserta didik kelas eksperimen yang telah mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah (1) penerapan model Probing Prompting Learning berbantuan Question Card efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran Problem Prompting Learning berbantuan Question Card lebih tinggi dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran ekspositori, dan (3) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Probing Prompting Learning berbantuan Question Card lebih baik dari peserta didik yang memperoleh model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, Question Card, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:34
Last Modified: 05 Jan 2018 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28917

Actions (login required)

View Item View Item