KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN STUDENT WORKSHEET DENGAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH


Gaudensia Indah Dammayanti , 4101411124 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN STUDENT WORKSHEET DENGAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (556kB) | Preview

Abstract

Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. Penerapan pembelajaran problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym dilakukan sebagai upaya pengembangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym dapat mencapai kriteria ketuntasan dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan student worksheet. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ungaran. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Kelas X MIPA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym dan kelas X MIPA 4 terpilih sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran problem based learning berbantuan student worksheet. Metode pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi, dan uji ketidaksamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan dicapainya tiga indikator keefektifan, yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym mencapai kriteria ketuntasan belajar, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan penerapan model problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan penerapan model problem based learning berbantuan student worksheet, dan aktivitas peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbantuan student worksheet dengan brain gym.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Student Worksheet; Brain Gym; Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:20
Last Modified: 05 Jan 2018 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28916

Actions (login required)

View Item View Item