IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACYMATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAMSETTING PEMBELAJARANLEARNING CYCLE7E


Safrina Alam Ardiyani , 4101411111 (2016) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACYMATEMATIKA SISWA KELAS VIII DALAMSETTING PEMBELAJARANLEARNING CYCLE7E. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411111.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (720kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa kelas VIII yang masih kurang perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan self efficacy (SE) matematika siswa. Hal ini dikarenakan keyakinan seseorang bahwa ia mampu melakukan suatu tugas tertentu akan mempengaruhi keberhasilannya menyelesaikan tugas tersebut. Agar diperoleh deskripsi KPM yang baik, maka dilakukan pembelajaran matematika dengan setting pembelajaran LC-7E. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai KPM siswa kelas VIII berdasarkan klasifikasi SE matematika yang tinggi, sedang, dan rendah dalam setting pembelajaran LC-7E. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIJ SMP Negeri 1 Karangtengah. Pengumpulan data dilakukan melalui skala SE matematika, tes KPM, dan wawancara. Seluruh siswa kelas VIII-J diidentifikasi SE matematikanya dengan menggunakan skala SE matematika. Data mengenai KPM dianalisis dari hasil tes KPM kemudian dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Dipilih 8 siswa yang menempati klasifikasi KPM dan SE matematika (tinggi, sedang, dan rendah) kemudian dilakukan wawancara KPM-nya. Analisis seluruh data dilakukan dengan langkah sebagai berikut: tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SE matematika siswa kelasVIII-J berada pada kategori sedang dengan presentase untuk setiap tingkatan tinggi, sedang, dan rendah beruturut-turut yaitu 24,24%; 42,42% ; dan 33,33%, 2) siswa dengan SE tinggi mampu memahami masalah dengan mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah, menghubungkan masalah dengan konsep matematika, dan menjelaskan masalah sesuai dengan kalimatnya sendiri; mampu menyusun rencana dengan menyederhanakan masalah, mensketsa diagram, mengurutkan data dan/atau informasi, mengidentifikasi sub-tujuan, membuat eksperimen dan simulasi, serta membuat analogi; mampu melaksanakan rencana dengan mengartikan masalah ke dalam bentuk matematika, dan melaksanakan strategi selama proses dan perhitungan berlangsung, hanya saja siswa dengan KPM tinggi mampu menyelesaikan perhitungan dengan baik dan benar, sedangkan siswa dengan KPM sedang lebih cenderung mudah menyerah apabila menemukan kesulitan dalam melakukan perhitungan dan tidak menyelesaikannya dengan baik dan benar; mampu melihat kembali dengan menyimpulkan solusi dari permasalahan, mengecek semua informasi penting yang telah teridentifikasi dari masalah, mengecek perhitungan yang ada, mempertimbangkan solusi yang diperoleh logis, membaca pertanyaan kembali, dan bertanya pada diri sendiri bahwa pertanyaannya sudah terjawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Efficacy,Learning Cycle.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Jan 2018 12:08
Last Modified: 05 Jan 2018 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28914

Actions (login required)

View Item View Item