PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VB SD NEGERI BOJONG SALAMAN 01 SEMARANG


Khusnul Khotimah , 1401412464 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VB SD NEGERI BOJONG SALAMAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412464.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (314kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan data lapangan pemahaman siswa terhadap materi IPS masih rendah, belum ada media pembelajaran yang efektif, guru sering menggunakan gambar-gambar yang ada di buku teks sebagai media. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah mengembangkan media e-comic, kelayakan dan keefektivan media e-comic terhadap materi persiapan kemerdekaan Indonesia siswa kelas VB SD Negeri Bojong Salaman 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dan keefektifan media e-comic terhadap materi persiapan kemerdekaan Indonesia siswa kelas VB SD Negeri Bojong Salaman 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri Bojong Salaman 01 Semarang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, wawancara, data dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Media e-comic dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan waterfall SDLC yang terdiri dari 4 tahap, yakni tahap analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil penilaian ahli pakar terhadap media e-comic memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase penilaian ahli materi sebesar 93,75% dan ahli media sebesar 94,44%. Hasil belajar siswa meningkat dengan kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,46. Selain itu terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media e-comic dilihat dari hasil perhitungan thitung = -16,074. Kemudian diketahui bahwa nilai sig 2-tailed sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan media e-comic materi persiapan kemerdekaan Indonesia pada pembelajaran IPS dikatakan efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media e-comic, pembelajaran IPS, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2018 13:45
Last Modified: 19 Jan 2018 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28910

Actions (login required)

View Item View Item