METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS IV METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS IV SDN DI SENENAN JEPARA


MIFTACHUL CHUSNAH , 1401412474 (2016) METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS IV METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN SISWA KELAS IV SDN DI SENENAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412464.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar membaca pemahaman; (2) Untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis kelamin siswa laki-laki dan siswa perempuan berpengaruh terhadap hasil belajar membaca pemahaman; (3) Untuk mengetahui interaksi pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan jenis kelamin terhadap hasil belajar membaca pemahaman. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Subjek penelitian sejumlah 68 siswa terdiri dari 40 siswa kelas IV SDN Senenan 02 (kelas eksperimen) dan 28 siswa kelas IV SDN Senenan 03 (kelas kontrol). Variabel terikat terdiri dari hasil belajar siswa. Variabel bebasnya adalah metode pembelajaran (SQ3R dan ceramah) dan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan). Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Uji validitas menggunakan teknik korelasi poin biserial, uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji Two Way Anova pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar membaca pemahaman (F=4,665; ρ=0,035); (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar membaca pemahaman kelompok siswa laki-laki dan kelompok siswa perempuan (F=0,002; ρ=0,968); (3) tidak terdapat pengaruh interaksi variabel metode pembelajaran dan variabel jenis kelamin terhadap hasil belajar membaca pemahaman (F=0,680; ρ=0,413). Mean posttest kelas eksperimen sebesar 76,92 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 71,25. Hal ini menunjukkan siswa yang belajar dengan metode pembelajaran SQ3R, memperoleh hasil yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan metode ceramah. Saran yang disampaikan pada guru perlu adanya variasi dalam mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan tepat sesuai dengan materi yang disampaikan agar siswa antusias sehingga tujuan dari pelaksanaan pembelajaran dapat tercapai. Untuk siswa hendaknya selalu aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan terus mengembangkan pemahamannya dengan membangun sendiri pengetahuan melalui pengalaman. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif pemilihan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca dan pemahaman siswa terhadap materi bacaan sehingga mampu merangsang keingintahuan siswa dengan demikian dapat membangkitkan minat siswa untuk terus belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Jenis Kelamin, Membaca Pemahaman, Metode SQ3R
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:42
Last Modified: 15 May 2019 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28908

Actions (login required)

View Item View Item