PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBUDAYAAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH (STUDI KASUS : KELAS IV SDN PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG)


Miftakhul Huda, 1401412462 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBUDAYAAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH (STUDI KASUS : KELAS IV SDN PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412462.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (541kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Plalangan 04 melalui data dokumen, pengamatan dan wawancara bahwa hasil belajar PKn paling rendah. Disebabkan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran PKn. Sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis multimediaa menggunakan macomedia flash materi kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis multimedia menggunnakan macromedia flash terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan waterfall. Tahapan pengembangan meliputi Analysis, Design, Implementation, Testing, Maintenance. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Plalangan 04 yang menggunakan sampel jenuh untuk semua populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan data dokumen. Analisis data awal atau uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data akhir menggunakan uji N-gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: multimedia pembelajaran menggunakan macromedia flash materi kebudayaan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dengan perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t ditunjukkan dengan thitung < ttabel (13,479 > 2,034) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,44 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah multimedia pembelajaran menggunakan macromedia flash efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Saran pada penelitian ini yaitu sebaiknya guru dapat memahami sistem media terlebih dahulu karena guru bertindak sebagai fasilitator dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, macromedia flash, media, pengembangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 13:44
Last Modified: 15 May 2019 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28907

Actions (login required)

View Item View Item