PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BERBANTUAN GRAPHIC ORGANIZER PADA SISWA KELAS 3 SD
Lina Nur Arifah , 1401412456 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BERBANTUAN GRAPHIC ORGANIZER PADA SISWA KELAS 3 SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas 3 SD terhadap karangan deskripsi yang disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan belum inovatif dan variatif yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan siswa sehingga perlu dikembangkan buku panduan menulis karangan deskripsi berbantuan graphic organizer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan buku panduan menulis karangan deskripsi berbantuan graphic organizer berdasarkan penilaian validator materi dan validator media. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan tujuh tahap penelitian yang mengacu pada sepuluh tahap pelaksanaan model pengembangan teori Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan pada 7 tahap pengembangan buku panduan menulis karangan deskripsi berbantuan graphic organizer, yakni: (1) tahap pengukuran kebutuhan dan studi literatur, (2) tahap pengembangan draf produk, (3) tahap uji coba lapangan, (4) tahap revisi hasil uji coba dan menyimpulkan hasil pengamatan, (5) tahap penyempurnaan hasil penelitian, (6) tahap mendeskripsikan penggunaan buku panduan menulis karangan deskripsi berbantuan graphic organizer pada siswa kelas 3 SD yang belum teruji tingkat keefektifannya, dan (7) tahap uji keefektifan pada siswa kelas 3 SDN Gunungpati 01. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan kepada validator materi, buku panduan mendapat ratarata persentase 92,5% dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan yang dilakukan oleh validator media, buku panduan mendapat rata-rata persentase 95% dengan kategori sangat layak. Untuk uji kelayakan oleh guru pada uji lapangan awal mendapat rata-rata persentase 95,83% dari guru kelas 3 SDN Gunungpati 01 dan 94,44% dari guru kelas 3 SDN Piyanggang 02. Sedangkan pada uji coba terbatas/uji keefektifan mendapat rata-rata persentase 97,22%. Hasil keefektifan uji skala terbatas pada siswa kelas 3 SDN Gunungpati 01 dihitung menggunakan N-Gain. Pada uji skala terbatas/uji keefektifan mengalami peningkatan sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil buku panduaan menulis karangan deskripsi berbantuan Graphic Organizer pada siswa kelas 3 SD meliputi: (1) sampul buku berwarna cerah dengan judul terletak di tengah atas dan gambar dua anak yang sedang belajar mengarang, (2) dari aspek bentuk buku, berbentuk persegi panjang yang berukuran A5, (3) dari aspek isi buku, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sederhana, komunikatif, dan terdapat petunjuk-petunjuk yang memudahkan siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Panduan, Karangan Deskripsi, Graphic Organizer. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2019 13:25 |
Last Modified: | 10 May 2019 13:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28905 |
Actions (login required)
View Item |