PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PARAGRAF UNTUK SISWA KELAS III
Nurjanah, 1401412455 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PARAGRAF UNTUK SISWA KELAS III. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (346kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas III dalam menulis paragraf dan penggunaan bahan ajar yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan menulis paragraf untuk siswa kelas III SD, dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) dengan sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall. Hasil penelitian ini meliputi: (1) profil buku panduan menulis paragraf yang meliputi: (a) sampul buku panduan menulis paragraf yang diinginkan adalah desain sampul yang menarik dengan gambar dan warna yang cerah, (b) bentuk buku yang diinginkan adalah bentuk persegi panjang dengan ukuran sedang, dan dengan ketebalan antara 20-40 halaman, (c) isi buku panduan yang diharapkan adalah isi buku dengan bahasa baku tetapi dengan kalimat yang pendek-pendek. Selain itu di dalam buku juga harus diberi gambar dan petunjuk agar siswa mudah mempelajarinya, (2) penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe buku panduan menulis paragraf. Buku panduan menulis paragraf mendapat skor 55 atau 86% dari ahli media dan mendapat skor 41 atau 85,42% dari ahli materi. Artinya, buku panduan menulis paragraf memiliki tingkat validasi dengan kategori sangat valid, sehingga layak dan dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. (c) hasil uji keefektivan pada siswa kelas III SDN Sukorejo 02, hasil penilaian menulis paragraf siswa dengan menggunakan buku panduan menulis paragraf menghasilkan rata-rata nilai 81,7. Simpulan hasil pengembangan buku panduan menulis paragraf yaitu (1) sampul buku berwarna hijau dan kuning dengan tulisan judul berada di bagian tengah, (2) buku berbentuk persegi panjang dengan ukuran A5, (3) buku panduan menggunakan ragam bahasa baku dengan kalimat pendek-pendek sesuai dengan anak SD kelas III. Saran penelitian ini ditujukan bagi guru dan siswa. Bagi guru, buku panduan menulis paragraf dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belaja siswa kelas III khusunya pada materi menulis paragraf. Sedangkan bagi siswa, buku panduan menulis paragraf dapat dijadikan alternatif bahan ajar dalam pembelajaran menulis paragraf dan keterampilan menulis tingkat lanjut yang akan dipelajari siswa selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku panduan, menulis paragraf. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2019 13:25 |
Last Modified: | 10 May 2019 13:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28904 |
Actions (login required)
View Item |