PENGARUH KEMAMPUAN BERMAIN MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 COMAL
Mokhammad Farid, 2501410043 (2015) PENGARUH KEMAMPUAN BERMAIN MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 COMAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (748kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar seni budaya di SMA Negeri 1 Comal kelas XII IPA secara keseluruhan cukup hasil belajar siswa belum maksimal disebabkan oleh kurangnya faktor pendukung seperti baik, faktor konsentrasi belajar, sarana yang kurang memadai, dan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan, pengaruh dan seberapa besar kontribusi atau dukungan antara kemempuan bermain musik terhadap hasil belajar seni budaya siswa kelas XII IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan regresi dan korelasi. Sasaran penelitian ini adalah mengukur kemampuan bermain musik dan hasil belajar seni budaya siswa kelas XII IPA, yang mempunyai populasi 170 siswa, dan peneliti menarik sampel 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes praktik, tes tertulis (penilaian unjuk kerja) dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah langkah sebagai berikut:(1) Penyusunan perangkat penilaian unjuk kerja, (2) Penilaian unjuk kerja (3) Dokumentasi (4) Menganalisis Hubungan (5) Menganalisis Pengaruh (6) mengetahui Kontribusi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan kemampuan bermain musik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar seni budaya pada siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Comal. Besarnya pengaruh kemampuan bermain musik terhadap hasil belajar seni budaya adalah 41,1%, dan 58,9% dipengaruhi faktorfaktor lain. Faktor-faktor lain tersebut dapat diasumsikan terpengaruhi oleh (1) Lingkungan, (2) Minat belajar, (3) Kesenangan terhadap musik, (4) Sarana dan prasarana belajar, (5) Faktor lingkungan belajar, sehingga diundang penelitian waktu berikutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar seni budaya kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Comal. Besarnya prosentase pengaruh kemampuan bermain musik terhadap hasil belajar seni budaya ini menunjukan bahwa kemampuan bermain musik merupakan variabel yang mampu mengukur keberhasilan siswa pada hasil belajar seni budaya. Saran dari peneliti sebaiknya guru dapat mengarahkan siswa dalam bermain musik dan memahami materi pelajaran seni budaya karena keduanya saling berkesinambungan, dan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti dengan variabel lainnya yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar seni budaya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan bermain musik dan hasil belajar seni budaya |
Subjects: | L Education > Special Education > Music Education M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2018 15:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2018 15:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28901 |
Actions (login required)
View Item |