KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF SISWA SD KELAS III DABIN III DIRGANTARA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK


Siti Khairunnisa Siti Khairunnisa 1401412454, Siti Khairunnisa 1401412454 (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF SISWA SD KELAS III DABIN III DIRGANTARA KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412454.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (708kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca intensif pada siswa kelas III belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami bacaan yang dibaca. Selain itu, pembelajaran membaca masih menggunakan strategi yang konvensional sehingga siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Faktor lain yang mempengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam membaca intensif adalah rendahnya minat siswa dalam membaca sehingga siswa sulit untuk menjawab dan membuat pertanyaan berkaitan dengan isi teks. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan strategi story mapping. Alasan penggunaan strategi ini karena dapat membantu siswa dalam pemahaman teks dengan menggunakan unsur-unsur cerita. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan strategi story mapping terhadap peningkatan kemampuan membaca membaca intensif siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas III Dabin III Dirgantara, Kecamatan Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal evaluasi. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-test polled varians. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa data pretes kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai postes kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata postes kelompok eksperimen sebesar 70,7 dan rata-rata postest kelas kontrol sebesar 58,36. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (2,567) > ttabel (2,021) dapat diartikan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi story mapping lebih besar dibandingkan strategi diskusi. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,1431 < 0,45154). Berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi story mapping dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa SD kelas III. Saran bagi guru adalah strategi story mapping dapat diterapkan pada mata pelajaran bahasa, khususnya aspek membaca cerita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Story mapping, membaca intensif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:25
Last Modified: 10 May 2019 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28897

Actions (login required)

View Item View Item