IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS PATIMURA KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS


ANIEK SETYOWATI , 1401412047 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS PATIMURA KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (563kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Karakter dilakukan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Ditempuh dengan melakukan pembiasaan dan pembudayaan aspek-aspek karakter dalam keseharian disekolah dengan pendidik sebagai teladan. Fokus penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter melalui integrasi dalam mata pelajaran dan pembiasaan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui integrasi dalam mata pelajaran dan pembiasaan di sekolah dasar negeri Gugus Patimura Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan tiga kali pada setiap sampel. Variabel yang diteliti adalah implementasi pendidikan karakter melalui integrasi dalam mata pelajaran dan pembiasaan karakter siswa disekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Angket, Observasi dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat implementasi pendidikan karakter melalui integrasi mata pelajaran di SDN Gugus Patimura termasuk dalam kategori sangat tinggi (162,5 ≤ skor ≤ 200) dan Pembiasaan Karakter siswa di Sekolah Dasar Baik (18 ≤ skor < 27,5). Dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 21,47 pada pertemuan 1, pertemuan kedua 21,53 dan pertemuan ketiga 21,67. Simpulan dari penelitian ini adalah guru kelas telah melaksanakan pendidikan karakter melalui integrasi dalam mata pelajaran dan pembiasaan disekolah dengan baik. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya guru lebih konsisten lagi dalam mengimplementasi pendidikan karakter utamanya yang terintegrasi dalam mata pelajaran serta selalu berusaha menjadi teladan yang baik bagi siswanya. Sekolah perlu untuk bekerjasama dengan orangtua siswa dan masyarakat untuk menciptakan kultur budaya yang positif bagi siswa dirumah dan dilingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, karakter, pembiasaan
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:13
Last Modified: 04 Jan 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28896

Actions (login required)

View Item View Item