HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KOTA SEMARANG


DWI SUSRIYATI , 1401412043 (2016) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (282kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yang baik bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya saja, akan tetapi kecerdasan emosional juga berpengaruh. Dengan demikian, untuk memperoleh prestasi yang tinggi kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual harus bekerja secara bersamaan agar memperoleh hasil yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Semarang, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Semarang, dan (3) mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah 176 siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan proporsional sampling diperoleh 70 siswa. Teknik pengumpulan data dengan skala psikologi dan dokumentasi. Analisis data awal menggunakan uji normalitas. Sedangkan data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat kecerdasan emosional siswa dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 71%. Sedangkan hasil belajar siswa dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 56%. Sementra itu, hasil perhitungan analisis korelasi diperoleh Sig. (2-tailed) pada output corelations sebesar 0,000<0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Semarang. Untuk interpretasi data dengan nilai korelasi sebesar 0,778 menunjukkan adanya korelasi dalam kategori kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Semarang. Saran penulis antara lain guru dapat mengoptimalkan kecerdasan emosional siswa baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya dan siswa diharapkan memiliki kecerdasan emosional yang tinggi agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kecerdasan emosional; siswa kelas V.
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:13
Last Modified: 04 Jan 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28895

Actions (login required)

View Item View Item