PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS KRESNA KECAMATAN SEMARANG BARAT


IKA WIDHIASIH , 1401412046 (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS KRESNA KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (359kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat kurang optimal. Sebanyak 46,62 % siswa memiliki nilai kurang dari KKM. Dari hasil wawancara dengan guru menunjukkan masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas rumah yang diberikan guru, tidak membawa buku dan alat tulis yang lengkap.Hal tersebut mengindikasi bahwa siswa kurang mendapat perhatian dari orang tua. Tetapi, banyak juga orang tua yang tetap memperhatikan anaknya. Dari hasil wawancara dengan guru,peneliti mengansumsi bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS adalah pengasuhan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua, mengetahui hasil belajar IPS, dan mendeskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 344 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 103 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling propor-sional. Data penelitian diperoleh dari angket pola asuh orang tua dan tes hasil belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan product moment dan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 16. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa 88,3 % siswa kelas IV di SDN se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat mengalami pola asuh demokratis. 39,5 % siswa yang mengalami pola asuh demokratis memiliki hasil belajar IPS dengan kategori sangat baik, 62,5 % siswa yang mengalami pola asuh permisif memiliki hasil belajar IPS cukup baik, dan 75 % siswa yang mengalami pola asuh otoriter memiliki hasil belajar IPS cukup baik. Hasil perhitungan menunjukkan nilai r hitung sebesar 0,351(≠ 0) dan nilai signifikansi 0,000(<0,05). Besarnya sumbangan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS adalah 12,3 %. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat.Saran bagi guru sebaiknya dapat mengajar sesuai dengan karakteristik siswa, bagi sekolah diharapkan dapat melaksanakan program tentang pendidikan keluarga, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:13
Last Modified: 04 Jan 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28894

Actions (login required)

View Item View Item