KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASARDALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIKGUGUS PRINGGODANI KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA


ERLIANA NUR FADHILAH , 1401402040 (2016) KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASARDALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIKGUGUS PRINGGODANI KECAMATAN JEPON KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (563kB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan dasar mengajar yang sangat penting diterapkan oleh guru adalah mengelola kelas. Pengelolaan kelas merupakan pengkondisian secara optimal dengan cara mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikan suasana agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Kegiatan mengelola kelas akan memberi manfaat bagi peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, kenyataan di beberapa Sekolah Dasar di Gugus Pringgodani Kecamatan Jepon menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas belum dilaksanakan sesuai dengan tujuan pendidikan. Dari kondisi tersebut dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana guru mengelola kelas dan kinerja guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik Gugus Pringgodani Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan dan kinerja guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik Gugus Pringgodani Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sampel 18 guru dari enam sekolah dasar di Gugus Pringgodani Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan data observasi kemampuan mengelola kelas di SDN 1 Tempel, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jepon, SDN 6 Jepon, SDN 1 Kemiri, SDN 2 Kemiri pada pertemuan 1 jumlah skor mencapai 24,35; pertemuan 2 jumlah skor mencapai 26,26; pertemuan 3 jumlah skor mencapai 27,35. Berdasarkan hasil penelitian guru kelas rendah dari enam sekolah dasar di Gugus Pringgodani Kecamatan Jepon dapat disimpulkan bahwa guru telah mengembangkan kemampuan dasarnya dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik dengan baik. Saran dalam penelitian ini yaitu: guru sebaiknya meningkatkan kegiatan refleksi diri dalam pembelajaran; sekolah hendaknya menyiapakan alat peraga yang dibuat semenarik mungkin; sebagai penelitian lanjutan diharapkan dapat memberikan inspirasi dan referensi untuk penelitian pendidikan yang sejenis dan dapat memberikan sumbangan penelitian dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guru, keterampilan, mengelola kelas
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:13
Last Modified: 04 Jan 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28893

Actions (login required)

View Item View Item