PENGARUH KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN SLEROK KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Feby Susetyo Friza Pratama , 1401412038 (2016) PENGARUH KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN SLEROK KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (321kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan adalah keadaan sikap atau perilaku seseorang yang sesuai dengan aturan atau tata tertib yang berlaku, sehingga tercipta ketertiban dan keteraturan. Perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan lingkungan. Lingkungan meliputi keluarga, sekolah, dan kelompok teman sebaya. Hal ini diketahui bahwa lingkungan keluarga dan sekolah memengaruhi perkembangan dalam sikap dan perilaku siswa khususnya terkait kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru dan pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Dabin Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 319 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 166 siswa. Variabel penelitian ini adalah keteladanan guru dan pola asuh orangtua sebagai variabel bebas dan kedisiplinan siswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Uji Prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, koefisien determinan dan uji F. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keteladanan guru kelas V lebih besar dari 75%; (2) pola asuh orangtua kelas V lebih besar dari 75%; (3) kedisiplinan siswa lebih besar dari 75%; (4) terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 31,5%; (5) terdapat pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 33,9%; dan (6) terdapat pengaruh keteladanan guru dan pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 43,8%. Guru diharapkan dapat meningkatkan teladan yang baik pada siswa khususnya dalam hal berperilaku, dengan memberikan contoh perilaku yang baik, akan berdampak baik juga pada perilaku siswa. Orangtua juga diharapkan lebih peduli dan perhatian terhadap perkembangan perilaku anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan siswa; keteladanan guru; pola asuh orangtua
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:13
Last Modified: 04 Jan 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28891

Actions (login required)

View Item View Item