HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS ERLANGGA PECANGAAN JEPARA


KRISDA ROFA SADANI , 1401412037 (2016) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS ERLANGGA PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (419kB) | Preview

Abstract

Perbedaan tingkat pendidikan masing-masing orang tua dan pola asuh yang diterapkan masing-masing orang tua menyebabkan hasil belajar antar siswa berbeda satu dengan lainnya. Orang tua yang berpendidikan rendah dan kurang memperhatikan kebutuhan belajar anak berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gugus Erlangga Pecangaan Jepara?; (2) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gugus Erlangga Pecangaan Jepara?; (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gugus Erlangga Pecangaan Jepara? Dari rumusan masalah tersebut, peneliti ingin mencari tahu hubungan antara tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi ganda dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Erlangga Pecangaan Jepara tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 157 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua, serta dokumentasi hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif dan inferensial (uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier, korelasi sederhana dan ganda, uji F dengan taraf signifikan 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 16,0 for windows). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa (rx1y sebesar 0,695 > rtabel 5% sebesar 0,176); (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa (rx2y sebesar 0,867 > rtabel 5% sebesar 0,176); (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,877, koefisien determinansi (R)2 sebesar 0,765 dan Fhitung sebesar 199,487 (Fhitung sebesar 199,487 > Ftabel 5% sebesar 3,09). Simpulan dari penelitian ini yaitu, semakin tinggi tingkat pendidikan dan semakin baik pola asuh orang tua, maka semakin baik pula hasil belajar anak. Bagi orang tua siswa, meskipun tingkat pendidikannya rendah, hendaknya tetap dapat memperhatikan kebutuhan anak, sehingga anak dapat semangat dalam mencapai keberhasilan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pola Asuh Orang Tua; Tingkat Pendidikan Orang Tua.
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:13
Last Modified: 04 Jan 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28890

Actions (login required)

View Item View Item