HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS


Nur Rizki Mardiyanah , 1401412032 (2016) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DR. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (348kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan belajar di SD Negeri Gugus dr. Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus kurang optimal, belum terbentuknya suatu kebiasaan belajar yang efektif. Kebiasaan belajar siswa di sekolah maupun di rumah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada dan seberapa erat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus dr. Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini untuk menguji ada tidaknya dan seberapa erat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri dr. Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 108 siswa dengan jumlah sampel 93 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportional sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, wawancara tidak struktur, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data, uji koefisien korelasi, uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh data: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung > r tabel (0,705 > 0,202). 2) keeratan hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar adalah 9,48 dan dapat dikatakan kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus dr. Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini adalah guru dan siswa diharapkan dapat memahami cara-cara belajar yang baik, sehingga terbentuk suatu kebiasaan belajar yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; hubungan; kebiasaan belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:13
Last Modified: 04 Jan 2018 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28889

Actions (login required)

View Item View Item