HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG


SATRIO KUSUMO , 1401412031 (2016) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS NYI AGENG SERANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas temuan di lapangan yang mengungkap adanya beberapa permasalahan pada pembelajaran siswa kelas IV SDN se- Gugus Nyi Ageng Serang Semarang, salah satu kemungkinannya disebabkan oleh rendahnya minat belajar siswa, yang ditandai dengan kurangnya keterlibatan, perhatian, keingintahuan, serta kesungguhan siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran terutama untuk materi yang dirasa sulit sehingga siswa mengikuti pembelajaran tanpa dilandasi rasa senang dan suka, hingga keengganan siswa dalam menerima materi yang dirasa tidak berkaitan langsung dengan kehidupan kesehariannya. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti menilai bahwa permasalahan minat belajar menarik untuk diteliti lebih lanjut dalam kaitannya dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimanakah hubungan anatara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN se-Gugus Nyi Ageng Serang Semarang?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN se-Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling dan proportional random sampling. Sampel yang digunakan sejumlah 72 siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa minat belajar siswa kelas IV SDN se-Gugus Nyi Ageng Serang Semarang dalam kategori sedang dengan persentase 63,9% (46 siswa) dan hasil belajar siswa dalam kategori sedang dengan persentase 65,2% (47 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN se-Gugus Nyi Ageng Serang Semarang dengan nilai rhitung sebesar 0,477 dan nilai signifikansi 0,000. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN se- Gugus Nyi Ageng Serang Semarang. Saran penelitian ini yaitu aspek minat belajar siswa hendaknya selalu menjadi perhatian semua elemen baik guru, sekolah, orang tua, maupun peneliti kedepannya dalam kaitannya untuk mencapai hasil belajar siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat belajar; SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:12
Last Modified: 04 Jan 2018 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28888

Actions (login required)

View Item View Item