HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT


RETNO PALUPI AMINI , 1401412029 (2016) HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (343kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SD Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat, diketahui bahwa belum semua siswa kelas IV memperoleh hasil belajar yang optimal. Pemerolehan hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kondisi sosial ekonomi orang tua. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa, dan seberapa erat hubungan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada dan tidaknya hubungan antara kondisi sosial ekonomi terhadap hasil belajar siswa serta berapa erat hubungannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Srikandi (363 siswa), sedangkan sampelnya yaitu 145 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dikombinasikan dengan proportional randon sampling. Metode yang digunakan yaitu angket, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari uji koefisien korelasi dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi berdasarkan jenjang pendidikan paling tinggi (≥ 108) pada jenjang pendidikan Diploma- Sarjana. Adapun hasil belajar siswa paling tinggi (X ≥ 76) berada pada jenjang Diploma-Sarjana. Sementara itu terdapat hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua pada setiap jenjang pendidikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat. Hubungan kondisi sosial ekonomi berdasarkan jenjang pendidikan terhadap hasil belajar siswa, yang termasuk dalam kategori sangat kuat (0,80-1,00) berada pada jenjang Diploma-Sarjana dan Tidak Sekolah. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif antara kondisi sosial ekonomi orang terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat. Saran yang dapat diberikan kepada guru dan pihak sekolah yaitu agar dapat berupaya membuat program yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, selain itu saran untuk siswa yaitu diharapkan agar dapat meningkatkan sikap mandiri dalam belajar, dan juga diharapkan dapat membuat skala prioritas dalam pemenuhan kebutuhan untuk dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi, Hasil Belajar, Siswa SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 14:11
Last Modified: 04 Jan 2018 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28887

Actions (login required)

View Item View Item