AUTHENTIC ASSESSMENT BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG


Putri Wahyu Septiana , 4401412089 (2016) AUTHENTIC ASSESSMENT BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AUTHENTIC ASSESSMENT BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (AUTHENTIC ASSESSMENT BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (512kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Authentic Assessment (AA) selama ini sudah berlangsung di beberapa sekolah dengan beragam versi, tetapi pelaksanaan AA yang mengarah ke Literasi Sains (LS) belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan AA berorientasi LS pada pembelajaran Biologi di SMA Negeri se- Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah semua Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Biologi di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian adalah KBM Biologi di SMA Negeri 1 Bantarbolang, SMA Negeri 3 Pemalang dan SMA Negeri 1 Ulujami. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan berupa pengembangan Kurikulum, Silabus, RPP, pelaksanaan AA berorientasi LS dalam pembelajaran, dan pengetahuan guru tentang AA berorientasi LS. Metode pengumpulan data dengan lembar observasi, lembar telaah RPP, angket dan wawancara yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh diolah dengan rumus statistika kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan Kurikulum, Silabus sudah terlaksana, tetapi nilai telaah RPP masuk dalam kriteria cukup. Hal tersebut karena RPP sudah memaknai AA tetapi salah satu indikator LS yaitu materi pembelajaran belum bersifat kekinian. Pelaksanaan AA berorientasi LS dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terintegrasi LS. Tugas yang diberikan guru masih berupa text book, belum berupa tugas nyata terkait kehidupan seharihari. Pengetahuan guru untuk pelaksanaan AA berorientasi LS diperoleh nilai angket ≥50% artinya guru mengetahui dan melaksanakan. Hal tersebut karena latar belakang dan pengalaman mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa AA berorientasi LS di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang sudah terlaksana tetapi belum sepenuhnya berorientasi Literasi Sains.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Authentic Assessment, Literasi Sains, pembelajaran Biologi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 04 Jan 2018 13:11
Last Modified: 04 Jan 2018 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28885

Actions (login required)

View Item View Item