PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA


Eka Novita Sari , 4401412088 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI SMA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa pada implementasi Kurikulum 2013 sangat disarankan menggunakan pendekatan saintifik dengan model-model pembelajaran inquiry based learning, discovery learning, project based learning dan problem based learning. Model pembelajaran discovery learning yang dipadukan dengan teknik mind mapping merupakan model yang sesuai untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran pada materi sel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada materi sel di SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi-Eksperimental tipe Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel berjumlah 62 siswa. Rata-rata hasil belajar kognitif yaitu 82,72 (melampaui KKM aspek kognitif yang ditetapkan yaitu 75). Hasil belajar afektif siswa menunjukkan 51,61% siswa memperoleh predikat A dan 48,38% siswa memperoleh predikat B (mampu melampaui KKM afektif yang ditetapkan yaitu B). Hasil belajar psikomotor menunjukkan 4,83% siswa mencapai nilai A, 22,58% siswa mencapai nilai A-, 59,67% siswa mencapai nilai B+, dan 12,90% siswa mencapai nilai B (seluruh siswa melampaui KKM psikomotor yang ditetapkan yaitu B). Rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping pada materi sel di SMA melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75 (P<0,05).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, hasil belajar, mind mapping
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 04 Jan 2018 12:57
Last Modified: 04 Jan 2018 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28884

Actions (login required)

View Item View Item