FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 1 KUDUS DAN SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Annastalia Budi Listiyarin , 4401412086 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 1 KUDUS DAN SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 1 KUDUS DAN SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
- Published Version
Download (593kB) | Preview |
Abstract
Siswa SMA Negeri 1 Kudus dan SMA Negeri 1 Bae Kudus menunjukkan prestasi belajar yang menonjol. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel minat, motivasi, kecerdasan emosional, kompetensi guru, dan partisipasi orang tua serta menganalisis variabel yang dominan terhadap prestasi belajar biologi di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kudus dan SMA Negeri 1 Bae Kudus pada bulan April sampai dengan Juni 2016. Populasi terdiri atas siswa kelas unggulan yaitu XI-MIPA 1 dan XI-MIPA 2 beranggotakan 136 siswa. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Variabel eksogen berupa minat, motivasi, kecerdasan emosional, kompetensi guru, dan partisipasi orang tua. Variabel endogen yaitu prestasi belajar biologi yang ditunjukkan dengan nilai mid dan rapor semester 1 dan 2. Data diambil dengan instrumen berupa kuesioner kemudian dianalisis dengan metode PLS melalui diagram jalur menggunakan bantuan software SmartPLS versi 2. Besarnya alpha yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5% atau 0,05 sehingga t-statistic sebesar 1,96. Hasil evaluasi goodness of fit outer model menunjukkan bahwa variabel-variabel yang ada berpengaruh terhadap prestasi belajar biologi dengan variabel yang dominan adalah kecerdasan emosional. Hasil evaluasi goodness of fit inner model, nilai R square sebesar 0,705. Hal ini berarti kebaikan pembentukan model dari penelitian ini dijelaskan dengan baik oleh variabel minat, motivasi, kecerdasan emosional, kompetensi guru dan partisipasi orang tua sebesar 70,5% sedangkan 29,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar yang diteliti. Perhitungan nilai Q-square sebesar 0,503. Hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel yang ada memiliki tingkat prediksi yang baik terhadap prestasi belajar biologi siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah varibel minat, motivasi, kecerdasan emosional, kompetensi guru, dan partisipasi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar biologi siswa. Tingkatan pengaruh variabel terhadap prestasi belajar dari tinggi menuju rendah adalah kecerdasan emosional, motivasi, partisipasi orang tua, minat, dan kompetensi guru.Faktor yang dominan berpengaruh adalah kecerdasan emosional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Katakunci: faktor eksternal; faktor internal; Partial Least Squares (PLS); prestasi belajar biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 04 Jan 2018 12:44 |
Last Modified: | 04 Jan 2018 12:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28882 |
Actions (login required)
View Item |