PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN JAS MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Irma Aprilia , 4401412084 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN JAS MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN JAS MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA)
- Published Version
Download (398kB) | Preview |
Abstract
Undang –Undang Sisdiknas No 20 tahun 2003 mengamanatkan peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri di berbagai dimensi, salah satunya dimensi keterampilan. Keterampilan proses sains memiliki pengaruh dalam pendidikan sains karena membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan intelektual, keterampilan manual dan keterampilan sosial. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum banyak mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan proses sains. Maka perlu strategi pembelajaran yang dapat melatih keterampilan proses sains siswa. PBL merupakan model pembelajaran yang aktivitas pembelajarannya menekankan pada proses pemecahan masalah. Kegiatan menuliskan dan mengerjakan tindakan kerja untuk memecahkan masalah dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Pendekatan JAS merupakan pendekatan pembelajaran yang mengajak siswa langsung berhubungan dengan lingkungan sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman tentang masalah yang dipelajarinya. Materi bahan kimia dalam kehidupan merupakan materi aplikatif dan problematik yang cocok dengan karakter pembelajaran model PBL dan pendekatan JAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model PBL dengan pendekatan JAS materi bahan kimia dalam kehidupan terhadap keterampilan proses sains siswa SMP N 40 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 40 Semarang. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 40 Semarang Tahun 2015/2016 yang berjumlah 8 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design jenis Pretest- Posttes Nonequivalent Control Group Design. Tenik pengambilan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian di SMPN 40 Semarang menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (uji t) dan diperkuat oleh data jumlah siswa dengan nilai N gain kategori tinggi pada kelas eksperimen lebih dua kali lipat dari kelas kontrol yaitu berturutturut 18 siswa dan 8 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran model PBL dengan pendekatan JAS pada materi bahan kimia dalam kehidupan yang diterapkan berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Katakunci: JAS, keterampilan proses sains, PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 04 Jan 2018 12:33 |
Last Modified: | 04 Jan 2018 12:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28881 |
Actions (login required)
View Item |