AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSION MATERI MACAM GERAK TUMBUHAN DI SMP NEGERI 40 SEMARANG


Suherdi Susanto , 4401412080 (2016) AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSION MATERI MACAM GERAK TUMBUHAN DI SMP NEGERI 40 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSION MATERI MACAM GERAK TUMBUHAN DI SMP NEGERI 40 SEMARANG]
Preview
PDF (AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSION MATERI MACAM GERAK TUMBUHAN DI SMP NEGERI 40 SEMARANG) - Published Version
Download (809kB) | Preview

Abstract

Metode dan media pembelajaran merupakan komponen penting pada proses pembelajaran guna mewujudkan suasana belajar efektif dan efisien sehingga siswa dapat lebih bertanggungjawab, disiplin, percaya diri, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki motivasi belajar yang tinggi guna mendapatkan hasil belajar secara optimal. Hasil observasi awal di SMP Negeri 40 Semarang pada Tahun Ajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa siswa-siswi kelas VIII memiliki tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Model pembelajaran Student Team Achievement Divission (STAD) dinilai paling sesuai dengan situasi dan kondisi di SMP N 40 Semarang saat ini. Model ini tidak terlalu sulit dalam proses pelaksanaannya dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi untuk mengatasi masalah aktivitas dan hasil belajar yang dihadapi. Maka dari itulah dilakukan penelitian bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran model Student Team Achievement Divission materi macam gerak tumbuhan di SMP N 40 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan desain penelitian one shoot case study. Populasi seluruh kelas VIII sebanyak 256 siswa dengan sampel sebanyak 1 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode test, metode angket, dan metode observasi. Variabel bebas berupa pembelajaran dengan model STAD sedangkan variabel terikatnya yaitu aktivitas dan hasil belajar. Data aktivitas diukur dengan lembar observasi aktivitas siswa sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai tes, nilai LDS dan nilai TTS. Setelah dilakukan analisis data menunjukkan bahwa seluruh siswa telah mencapai kriteria aktif (optimal ≥85) yaitu mencapai 100%, sedangkan ketuntasan klasikal dan siswa yang memperoleh hasil belajar optimal secara berturut-turut yaitu sebesar 88% (28 siswa) dan 57% (16 siswa). Data kinerja guru pertemuan I dan II berturut-turut 87,5% (sangat baik) dan 91,6% serta data tanggapan siswa dengan kriteria tanggapan sangat baik sebesar 78% (25 dari 32 siswa). Secara keseluruhan dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran model STAD yang diterapkan mampu mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa di SMP N 40 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, keaktifan, macam gerak tumbuhan, model STAD, dan motivasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 04 Jan 2018 12:26
Last Modified: 04 Jan 2018 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28880

Actions (login required)

View Item View Item