EFEKTIVITAS PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY DIINTEGRASIKAN DENGAN VIDEO TRANSPOR MEMBRAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Mentari Setiawati , 4401412079 (2016) EFEKTIVITAS PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY DIINTEGRASIKAN DENGAN VIDEO TRANSPOR MEMBRAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY DIINTEGRASIKAN DENGAN VIDEO TRANSPOR MEMBRAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY DIINTEGRASIKAN DENGAN VIDEO TRANSPOR MEMBRAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan Guru Biologi dan siswa SMA N 1 Salatiga, materi sel termasuk didalamnya materi transpor membran masih dianggap sulit oleh siswa. Sel yang bersifat mikroskopis menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami mekanisme transpor membran pada sel. Keterampilan proses sains dapat membantu siswa dalam memahami konsep. Pembelajaran praktikum berbasis guided inquiry diintegrasikan dengan video perlu diterapkan untuk membantu siswa dalam memahami konsep transpor membran dan melatih keterampilan proses sains (KPS) siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas praktikum berbasis guided inquiry yang diintegrasikan dengan video transpor membran terhadap pemahaman konsep dan KPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Salatiga pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA N 1 Salatiga yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan sampel yang diambil diampu oleh guru yang sama. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 2 dengan total berjumlah 63 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental Design dengan pola One Shot Case Study. Teknik pengambilan data melalui posttest, observasi KPS, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil KPS siswa pada kedua kelas tersebut sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu minimal dalam kategori baik. KPS siswa kelas X IPA 1 termasuk dalam kategori baik dan KPS siswa kelas X IPA 2 termasuk dalam kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal posttest siswa belum mencapai 75%. Ketuntasan klasikal siswa kelas X IPA 1 sebesar 64,52% dan kelas X IPA 2 sebesar 62,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran praktikum berbasis guided inquiry diintegrasikan dengan video efektif terhadap KPS siswa namun kurang efektif terhadap pemahaman konsep siswa karena pelaksanaan pembelajaran yang kurang sesuai dengan perencanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Katakunci: keterampilan proses sains, pemahaman konsep, praktikum berbasis guided inquiry, video transpor membran
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 04 Jan 2018 12:19
Last Modified: 04 Jan 2018 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28878

Actions (login required)

View Item View Item