KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERBANDINGAN DAN SKALA SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL
Shafira Dwintha Aulia , 1401412028 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERBANDINGAN DAN SKALA SISWA KELAS V SDN PESURUNGAN LOR 1 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (326kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika yaitu guru kurang inovatif dalam menerapkan model dan media dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan model konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran matematika. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Question Card. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model PBL berbantuan Question Card dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 52 siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1 Kota Tegal, yang terdiri dari 25 siswa kelas VA dan 27 siswa kelas VB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data aktivitas belajar menggunakan independent sample t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (6,976 > 2,009) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,489 > 2,009). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar yang menggunakan model PBL berbantuan Question Card dengan yang menggunakan model konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data aktivitas belajar menggunakan one sample t test diperoleh thitung > ttabel (5,070 > 2,064) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,101 > 2,064). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar yang menggunakan model PBL berbantuan Question Card lebih baik daripada yang menggunakan model konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan Question Card efektif terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pesurungan Lor 1 pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, hasil belajar, model Problem Based Learning, Question Card |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 04 Jan 2018 13:22 |
Last Modified: | 04 Jan 2018 13:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28874 |
Actions (login required)
View Item |