FAKTOR-FAKTOR INTERNAL KETIDAKTERLAKSANAAN EVALUASI PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 UNGARAN


Siti Maesyaroh , 1301412074 (2016) FAKTOR-FAKTOR INTERNAL KETIDAKTERLAKSANAAN EVALUASI PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (369kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan suatu proses penilaian. Evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling diartikan sebagai proses pemberian nilai terhadap keberhasilan dan kebermanfaatan pelayanan bimbingan dan konseling yang dilakukan melalui tahap-tahap tertentu guna pengambilan keputusan terkait dengan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Evaluasi ini penting dalam manajemen program bimbingan. Pelaksana kegiatan evaluasi adalah guru bimbingan dan konseling. Tetapi, fenomenanya guru bimbingan dan konseling cenderung tidak melaksanakan evaluasi. Hal ini disebabkan karena faktor eksternal dan internal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara objektif, mendalam, dan menyeluruh mengenai faktor-faktor internal ketidakterlaksanaan evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 1 Ungaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, kepala sekolah, dan siswa SMP Negeri 1 Ungaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah ketekukan pengamatan disertai triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, persepsi, dan tanggung jawab guru bimbingan dan konseling relatif rendah, sedangkan komitmen guru bimbingan dan konseling relatif tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor internal ketidakterlaksanaan evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Ungaran meliputi pengetahuan, persepsi, dan tanggung jawab. Upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong guru bimbingan dan konseling melaksanakan evaluasi adalah dengan penyelenggaraan kegiatan pelatihan tentang evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor internal, evaluasi, bimbingan dan konseling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 13:17
Last Modified: 04 Jan 2018 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item