HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGHARGAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SD GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS


ERNA SULISTIOWATI , 1401412025 (2016) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGHARGAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SD GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (354kB) | Preview

Abstract

Pemberian penghargaan guru berperan penting dalam proses belajar mengajar yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pemberian penghargaan dalam kelas akan mendorong siswa untuk meningkatkan usahanya dalam kegiatan belajar mengajar dan mengembangkan hasil belajarnya. Namun, pemberian penghargaan yang dilakukan guru kelas V di SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus belum optimal, siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran, sebagian siswa cenderung malas untuk memperhatikan pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan dan seberapa besar hubungan antara pemberian penghargaan terhadap hasil belajar pada siswa kelas V di SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan di 6 SD meliputi SDN 01 Goantepus, SDN 02 Golantepus, SDN 02 Mejobo, SDN 03 Mejobo, SDN 04 Mejobo dan SD Islam Nurul Yasin. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 127 siswa. Sampel penelitian sebanyak 96 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik sampling berimbang (proportional sampling). Variabel penelitian meliputi pemberian penghargaan sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi, uji signifikansi, uji koefisien determinan. Sebelumnya, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorv-Smirnov. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi bahkan 1% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian penghargaan terhadap hasil belajar pasa siswa kelas V di SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,603 dan koefisien determinasi (R2) 36,36%. Disarankan sebaiknya penghargaan diberikan secara optimal kepada siswa agar hasil belajarnya bisa tercapai secara maksimal. Selain itu, pemberian penghargaan harus tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi siswa agar pemberian penghargaan menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar;pemberian penghargaan guru;siswa SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 13:30
Last Modified: 04 Jan 2018 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item View Item