KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I PANGERAN DIPONEGORO NGALIYAN SEMARANG


Dwi Yuliana , 1401412024 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I PANGERAN DIPONEGORO NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (510kB) | Preview

Abstract

Kreatifitas guru dalam membuat variasi pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa. Variasi pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Namun di SDN Dabin I Pangeran Diponegoro kebanyakan guru kelas V masih mengalami kendala dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif. Para guru cenderung menggunakan model STAD dimana belum semua siswa memahami materi yang ditugaskan sehingga proses pembelajaran matematika belum mencapai hasil yang optimal. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar matematika kelas V yang masih dibawah KKM. Untuk itu peneliti memilih menggunakan model NHT untuk dibandingkan dengan model STAD. Agar setiap anggota kelompok bertanggung jawab terhadap tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan model NHT mapun STAD dapat mencapai KKM, serta untuk mengetahui keefektifan model NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dabin I Pangeran Diponegoro berjumlah 160 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VB SDN Purwoyoso 02 (eksperimen dengan model NHT) terdiri dari 27 siswa, dan kelas V SDN Purwoyoso 01 (kontrol dengan model STAD) terdiri dari 29 siswa. Data dianalisis menggunakan uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, uji perbedaan dua rata-rata serta uji gain dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh Zhitung = 3, sedangkan kelas kontrol Zhitung = 3,109 dimana Ztabel kedua kelas yaitu = 1,64 sehingga Zhitung ≥ Ztabel maka kedua kelas tersebut mencapai ketuntasan secara klasikal dan mencapai KKM. Setelah diberikan perlakuan, hasil belajar kelas kontrol dapat mencapai KKM karena guru sudah menerapkan langkah-langkah model STAD sesuai sintak, sehingga hasil belajar dapat meningkat. Selanjutnya hasil uji t dari data tes akhir menunjukkan thitung 3,28 > ttabel1,684. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan kontrol yaitu kelas eksperimen lebih efektif dari pada kelas kontrol. Keefektifan penelitian ini didukung hasil analisis uji t dengan data gain yang menunjukkan thitung 1,918 > ttabel1,684 sedangkan dari data N-gain diperoleh thitung 4,71 > ttabel1,684 untuk dk 54 dan taraf signifikan 5%. Dari kedua data tersebut semakin memperkuat bahwa model pembelajaran NHT lebih efektif daripada model STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Dabin I Pangeran Diponegoro.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model NHT, Pembelajaran Matematika, Hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 13:30
Last Modified: 04 Jan 2018 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28871

Actions (login required)

View Item View Item