KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS TANGKAS KALIBAGOR BANYUMAS


Nurul Hamidah , 1401412023 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS TANGKAS KALIBAGOR BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (900kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di SDN Gugus Tangkas adalah pembelajaran masih didominasi oleh guru serta kurangnya variasi pembelajaran yang inovatif yang melibatkan siswa dalam kelompok kecil. Permasalahan ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dilaksanakan model GI dan STAD mencapai KKM, (2) peningkatan hasil setelah pembelajaran model GI dan STAD, (3) keefektifan model pembelajaran GI dan STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Tangkas. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasinya adalah siswa kelas V SDN Gugus Tangkas tahun pelajaran 2015/2016. Dengan teknik cluster sampling diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VA SDN Wlahar Wetan sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran GI dan kelas V SDN Kaliori 02 sebagai kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran STAD. Metode pengumpulan data adalah metode tes yaitu tes awal dan tes akhir. Variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar kognitif matematika siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak, data gain dan N gain serta independent t-test. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran GI dan STAD mencapai ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Terdapat peningkatan hasil belajar tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen sebesar 30,10 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol sebesar 26,61 dengan kriteria sedang. Hasil uji inpendent t-test data nilai tes akhir diperoleh diperoleh harga t hitung > t tabel (2,081 > 2,021), dari data gain diperoleh harga t hitung > t tabel (2,17448>2,021) dan dari data N-gain diperoleh harga t hitung > t tabel (2,021>2,5029) sehingga model GI terbukti lebih efektif daripada model pembelajaran STAD. Dari hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran GI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran STAD. Saran yang diberikan adalah pembelajaran model GI dapat dijadikan sebagai variasi model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan Pembelajaran, Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 13:30
Last Modified: 04 Jan 2018 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28870

Actions (login required)

View Item View Item