KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN DABIN I PANGERAN DIPONEGORO NGALIYAN SEMARANG


Eny Lisna Sari , 1401412020 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN DABIN I PANGERAN DIPONEGORO NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (687kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil identifikasi di SDN Dabin I Pangeran Diponegoro Ngaliyan Semarang, ditemukan permasalahan pembelajaran matematika. Permasalahan dalam pembelajaran Matematikadiantaranya guru mengalami kesulitan dalam menerapkan inovasi model pembelajaran. Guru cenderung melakukan pembelajaran menggunakan model STAD, namun pelaksanaannya belum optimal sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan model TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Dabin I Pangeran Diponegoro Ngaliyan Semarang dengan model pembelajaran TAI dan STAD dapat mencapai KKM. Untuk mengetahui keefektifan antara model pembelajaran TAI dengan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar Matematika kelas IV SDN Dabin 1 Pangeran Diponegoro Ngaliyan Semarang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Dabin I Pangeran Diponegoro Ngaliyan Semarang. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Terpilih kelas IV SDN Purwoyoso 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN Purwoyoso 01 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji ketuntasan belajar, uji peningkatan hasil belajar dan uji keefektifan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis uji ketuntasan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil telah mencapai KKM. Berdasarkan analisis uji peningkatan hasil belajar siswa menggunakan gain dan N gain kelas eksperimen dan kontrol mengalami peningkatan dengan kritria sedang. Hasil uji keefektifan pembelajaran menggunakan t-test berdasarkan nilai tesakhir diperoleh thitung 3,79871 > ttabel 1,684, didukung uji t-test dengan nilai gain diperoleh hasil thitung 1,857307 > ttabel 1,684, sedangkan perhitungan uji t-test berdasarkan nilai N gain diperoleh hasil thitung 3,59548> ttabel 1,684. Sehingga Ha diterima, yang berarti model TAIlebih efektif dibandingkan model STAD terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Dabin I Pangeran Diponegoro Semarang. Model pembelajaran TAI dapat digunakan sebagai salah satu inovasi model pembelajaran yang dapat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; TAI; Pembelajaran Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 13:16
Last Modified: 04 Jan 2018 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28867

Actions (login required)

View Item View Item