KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII-J DI SMP N 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Fa’iz Ridhlo Irvan Firdauz , 1301412073 (2016) KEEFEKTIFAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII-J DI SMP N 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (280kB) | Preview

Abstract

Siswa hendaknya mampu berkonsentrasi saat proses belajar berlangsung, konsentrasi belajar besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jika siswa mengalami kesulitan berkonsentrasi, jelas belajarnya akan sia-sia, karena hanya membuang tenaga, waktu dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimentaldengan desain one group pre-test and post-test. Subjek penelitian ini seluruh populasi kelas VIIIJ sedangkanmetode pengumpulan data menggunakan skala psikologi konsentrasi belajar dengan analisis data menggunakan uji t-test. Secara keseluruhan setelah pemberian layanan, siswa dapat memberikan perhatian yang secara terus-menerus dan lebih termotivasi dalam mengerjakan tugasnya. Kemudian saat penjelasan materi, siswa dapat menghormati peneliti ketika sedang berbicara dengan memberikan umpan balik tanya jawab, siswa juga mau megikuti arahan dan tidak menghindari tugas yang diberikan. Tingkat konsentrasi belajar siswa sebelumpemberian layanan diperoleh rata-rata 56% (sedang) dan setelah pemberian layanan naik menjadi 68% (sedang) artinya setelah pemberian layanan terjadipeningkatan sebesar 12%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung = 4,97 dengan t = 2,04, maka dapat disimpulkan Ha diterima. Penelitian ini menunjukan layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.Saran yang dapat diberikan hendaknya guru bimbingan dan konseling dapat melaksanakan layanan penguasaan konten berupa keterampilan belajaruntuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, khususnya dengan teknik mind mapping.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi belajar, meningkatkan konsentrasi belajar, mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 04 Jan 2018 13:17
Last Modified: 04 Jan 2018 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28866

Actions (login required)

View Item View Item